Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung kami

Tata Cara Mandi Wajib


Ringkasan tata cara mandi wajib ini dikutip dari Buku Thaharah Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam Tuntunan Bersuci Lengkap karya Syaikh Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al Qahthani penerbit Media Hidayah disusun oleh Abu ‘Abdillah Mubarak ditambah sedikit penjelasan yang merujuk pada rekaman kajian ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas mengenai tata cara mandi dan hukum junub.
Tata cara mandi junub secara lengkap meliputi yang wajib dan yang sunnah sebagai berikut :

a. Niat dalam hati

Seseorang yang hendak mandi wajib berniat dalam hati. Adapun niat cukup dalam hati tanpa perlu melafazkannya.

b. Membaca bismillah

Seseorang yang hendak mandi hendaknya membaca bismillah. Ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anh (H.R Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, dan lainnya. Lihat Irwa’ Al Ghalil hadits no.81, syaikh Al Albani menghasankan hadits ini karena ada banyak jalur periwayatan dan penguat (syawaahid).

c. Mencuci telapak tangan terlebih dahulu 3 kali

Seseorang yang hendak mandi sebaiknya memulainya dengan mencuci telapak tangannya terlebih dahulu 3 kali.

d. Mencuci kemaluan dengan tangan kirinya

Seseorang yang mandi junub hendaknya mencuci kemaluannya dengan tangan kiri. Untuk mandi haidh dicuci tempat keluarnya darah sampai bersih dan boleh memakai wewangian (minyak wangi). Perlu diketahui bahwa wajib membasuhnya sampai benar-benar bersih, hal ini dikarenakan darah haidh dan nifas itu najis.

e. Membersihkan tangan kirinya

Seseorang yang mandi junub hendaklah mencuci tangan kirinya setelah digunakan mencuci kemaluan dengan cara menggosokkan tangan kiri ke tanah, lalu mencucinya.

g. Menyela-nyelai rambut secara merata dan menyiram kepala

Seseorang yang mandi junub hendaklah menyela-nyelai rambut secara merata, lalu menyiram kepalanya tiga kali sepenuh 2 telapak tangan. Ketika menyiram kepala, hendaklah dimulai dari kepala bagian kanan, kemudian kiri, setelah itu bagian tengah.

h. Meratakan air ke seluruh tubuh

Seseorang yang mandi diwajibkan meratakan air ke seluruh tubuh dan ketika menyiramkan air ke seluruh tubuh hendaklah dimulai dari tubuh bagian kanan, kemudian bagian kiri.

i. Bergeser dari tempat semula, lalu membasuh kedua kaki

Menjelang selesai mandi, sebelum membasuk kedua kaki, seseorang yang mandi dianjurkan bergeser sedikit dari tempat semula, lalu membasuk kedua kakinya sampai

Posting Komentar untuk "Tata Cara Mandi Wajib"