Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung kami

6 Aplikasi Untuk Awasi Anak Saat Bermain Gadget

Sobat InsideRz bagi yang sudah mempunyai buah hati mungkin artikel ini dapat menginspirasi dan dapat dicoba.Hampir semua orangtua yang kalangan tengah hingga atas sudah membekali anak-anaknya dengan gadget pintar seperti smartphone dan tablet. Menurut saya, itu dapat memberikan dampak positif dan negatif ,lebih banyak positifnya atau negatifnya mari menjadi orang tua yang bijak.

Mengingat dampak gadget pintar pada anak bisa berakibat positif dan negatif, pihak orangtua sebaiknya berlaku bijak dalam memperbolehkan anaknya menggunakan smartphone atau tablet. Salah satu cara bijak tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi pengawasan orangtua atau lebih dikenal dengan parental control.
Aplikasi semacam ini sangat membantu orangtua dalam mengontrol aktivitas anak dengan gadget-nya. Berikut ini kami pilihkan enam (6) aplikasi parental control untuk perangkat Android dan iOS agar kegiatan anak saat bermain gadget dapat dipantau. Tujuannya agar kita dapat mengetahui apa yang sedang buah hati kerjakan diperangkat smartphone atau tab.
1. Kids Place
Aplikasi ini berfungsi untuk melindungi data pribadi dan membatasi akses aplikasi tertentu kepada anak. Kids Place juga memiliki fitur yang dapat mencegah anak-anak mengunduh (download) aplikasi baru, melakukan panggilan telepon, atau aktivitas lainnya yang memerlukan biaya. Menurut deksripsi yang tertera pada toko aplikasi Play Store, aplikasi ini sangat membantu bagi para orangtua yang memiliki anak berumur di bawah emat tahun dan aktif menggunakan gadget.
clip_image002
2. Kid Mode
Fungsi dari Kid Mode tak berbeda jauh dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini memiliki kelebihan dengan dibekalinya fitur video chat khusus untuk sesama anggota keluarga. Selain itu, Anda pun dapat mengaturnya untuk secara konstan (per minggu atau bulan) mengirimkan email yang berisikan laporan alamat-lamat situs mana saja yang diakses oleh Anak Anda.
clip_image004
3. AppsNotifier
Tak jarang anak-anak membeli atau mengunduh sebuah aplikasi tanpa seijin orang tuanya. Mungkin tak terlalu jadi masalah jika harganya murah. Namun, bagaimana jika harga aplikasi tersebut cukup menguras kantong Anda?  Dengan AppsNotifier, Anda akan terhindar dari masalah ini. Setiap kali ada pembelian aplikasi, AppsNotifier akan memberitahukan Anda melalui e-mail dan memblok aplikasi tersebut dari proses unduh sebelum Anda memasukan kode password persetujuan.
clip_image006
4. Kids Lock
Fitur yang diusungnya secara keseluruhan serupa dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini disertai fiturlock screen khusus yang hanya bisa diakses oleh para orangtua.
5. Norton Online Family
Jika Anda memberikan akses online internet untuk anak, Anda bisa wajib membekali perangkat mobile Anda dengan Norton Online Family yang dapat memantau aktivitas internet anak. Aplikasi besutan produsen anti virus ternama dunia ini dapat memblok halaman yang tidak Anda inginkan, atau mengetahui dengan siapa dia melakukan chatting, sehingga dapat terhindar dari kejadian cyberbullying ataupun jenis kejahatan cyber lainnya.
clip_image008
6. Phone Control
Aplikasi yang satu ini mungkin lebih dikhususkan bagi para orangtua yang benar-benar paranoid dengan perilaku anaknya ketika menggunakan gadget pintar. Aplikasi Phone Control mampu memonitor semua yang terjadi dengan gadget yang digunakan anak Anda. Aplikasi ini akan memberitahukan semua SMS yang masuk dan keluar, tak terkecuali pengambilan foto, panggilan telepon, dan lokasi gadget. Hebatnya lagi, Anda tak perlu khawatir akan ketahuan sedang mengawasi oleh anak Anda, sebab semua kemampuan tersebut berjalan tanpa sepengetahuan anak Anda, bahkan tampilan icon aplikasi ini pun tak akan muncul di layar menu utama, dan hanya bisa diakses via menu setting aplication.
clip_image010
Biasanya Sobat InsideRZ yang sudah memiliki buah hati masih mengandalkan cara lama yaitu sita Smartphone & tablet (seperti orang tua saya gunakan) atau razia cara ini sangat tidak efektif sobat karena bila anak tersebut sudah mengetahui bahwa ada penyidakan Smartphone & tablet bisa saja anak tersebut menghapus atau menghilangkan data file atau segala sesuatu yang dilarang oleh orang tua Mari menjadi Sobat Bunda Smart Gaul Peduli , sobat juga langganan email untuk pemberitahuan artikel artikel di Ambang Inside lainnya yang menarik.

Semoga menginspirasi & bermanfaat Sobat InsideRZ bila ada pertanyaan dapat dilayangkan di kotak komentar Media Sosial Atau Email di ambangalamasy@icloud.com

Posting Komentar untuk "6 Aplikasi Untuk Awasi Anak Saat Bermain Gadget"