Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung kami

Pengertian Tag Kondisional

Apa itu Tag Kondisional?


Kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang apa itu tag kondisional/conditional tag khususnya pada blogger. Jika masuk kebagian Template dan memilih edit HTML di situ kita bisa menemukan banyak tag kondisional. Tag kondisional ini digunakan untuk menampilkan/tidak menampilkan seuatu elemen tertentu atau bisa juga untuk mengfungsikan/tidak mengfungsikan halaman yang kita kehendaki.

Supaya tidak semakin bingung dengan penjelasan diatas berikut ini adalah contoh tag kodisional yang umum digunakan pada blogspot.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>
Coba perhatikan contoh diatas. Tag kondisonal selalu diawali dengan <b:if> dan diakhiri/tutup dengan </b:if>. Pada setiap bagian tag <b:if> pasti akan ada atrribut cond. Atribut ini menjadi penentu/petunjuk yang menyatakan suatu kondisi. Pada kode data:blog.url == data:blog.homepageUrl merupakan nilai dari atribut yang menjelaskan maksud dari kondisi yang diinginkan.

Kode data:blog.url disini berarti suatu keadaan URL dari sebuah halaman, sementara kode data:blog.homepageUrl adalah perwakilan dari URL halaman muka (homepage). Sperti ini jika kamu memiliki sebuah blog dengan alamat http://contoh.blogspot.com, maka kode data:blog.homepageUrl dapat diartikan sebagai http://contoh.blogspot.com. Bila diartikan kode diatas :

TAG KONDISIONAL
ARTI KODE
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>
Jika keadaan halaman saat ini sama dengan URL halaman muka/homepage, maka Element/Objek akan ditampilkan/difungsikan.


Pernyataan diatas bisa dibalik dengan mengganti pembandingnya saja. Secara normal, sebuah pembanding dapat dituliskan sebagai == yang berarti "sama dengan" atau "menyetujui keadaan". Kode pembanding tersebut juga dapat kita balik menjadi != yang berarti "tidak sama dengan" atau "bukan" seperti ini:

<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>

Kode di atas berarti:

TAG KONDISIONAL
ARTI KODE
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>
Element/Objek hanya akan ditampilkan apabila keadaan halaman saat ini tidak sama dengan halaman muka/homepage.


Penerapan tag kondisional ada 2 yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. secara langsung umumnya seperti pada contoh diatas tapi bila ingin melihat contoh lain yaitu:

TAG KONDISIONAL
ARTI KODE
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><div id='cnth'>Element/Objek</div></b:if>
Jika keadaan halaman saat ini sama dengan URL halaman muka/homepage, maka <div id='cnth'>Element/Objek</div> akan ditampilkan/difungsikan.


sedangkan pada penerapan tidak langsung sebenarnya tag kondisional digunakan untuk mengapik kode CSS dan untuk menghilangkan kode sasarannya digunakan deklarasi display:none seperti contoh berikut:

TAG KONDISIONAL
ARTI KODE
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
<style type='text/css'>
#objek1{display:none;}
</style>
</b:if>

......
<div id='objek1'>OBJEK1</div>
Seluruh elemen yang memiliki ID objek1 akan disembunyikan apabila keadaan halaman saat ini tidak sama dengan halaman muka/homepage.

Pernyataan di atas pada prinsipnya mempunyai makna yang sama dengan: OBJEK1 hanya akan ditampilkan apabila keadaan halaman saat ini sedang berada di halaman muka/homepage".


Nah Begitulah sedikit penjelasan tentang apa itu tag kondisional pada platform Blogger semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Tag Kondisional"