Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung kami

Merubah Foto Menjadi Poster Menggunakan Photoshop


   Kita akan mencoba membuat poster ala pameran foto menggunakan koleksi foto sendiri dengan beberapa langkah mudah menggunakan Photoshop CS3 keatas. Kalau anda belum terlalu jelas bagaimana hasil akhir desain poster ini, contoh hasil akhir akan telihat seperti pada gambar dibawah ini. Anda bisa mencetak foto terbaik anda dan menempelkannya di dinding ruang tamu misalnya.
Frame poster final
Oke ini langkah-langkahnya:


Langkah 1

Buka photoshop, lalu pencet Ctrl-N (atau Command-N) untuk membuat dokumen baru, untuk poster ini saya gunakan ukuran 30×40 cm, anda bisa mengubahnya sesuai keperluan. Gunakan resolusi 240 ppi untuk printer standar.
Layout poster photoshop 01

Langkah 2

Buka foto yang ingin anda pakai sebagai poster, pencet V untuk mengaktifkan move tool, lalu klik dan tarik foto ke atas layer yang anda buat di langkah pertama. Lalu pencet Control-T (command-T) untuk mengaktifkan free-transform. Tekan lalu tahan tombol Shift, tarik foto dari sudut lalu posisikan seperti gambar dibawah, tekan Enter.
Untuk memastikan posisi foto ada ditengah layer background, tekan dan tahan tombol control/command lalu klik di kedua layer. Lalu pada options bar, klik di Align Horizontal Centers, lihat gambar dibawah:
Layout poster photoshop 02

Langkah 3

Di layer panel, klik pada background layer. Sekarang klik icon New Layer di bawah layer panel untuk membuat layer baru. Aktifkan Rectangular Marquee tool (M),, lalu buat seleksi mengelilingi foto seperti pada gambar dibawah:
Layout poster photoshop 03
Kita akan mengubah seleksi ini menjadi garis tipis yang mengelilingi foto. Pencet tombol D lalu pencet X untuk mengubah foreground menjadi putih, lalu isi seleksi dengan warna putih dengan memencet bersamaan Alt-Backspace atau di mac Options-Delete.

Langkah 4

Untuk mengubah garis tadi, klik pada Add a Layer Style pop-up, lalu pilih inner glow:
Layout poster photoshop 04
Lalu ikuti opsi dibawah ini saat kotak dialog muncul: blending mode-normal, opacity-20%, warna-hitam, size-5px. Lalu klik OK:
Layout poster photoshop 05
Setelah itu klik Ctrl-D untuk menghilangkan seleksi, garis sudah berubah menjadi garis putih tipis.

Langkah 5

Sekarang waktunya menambahi tulisan di poster. Anda bisa menulis apapun yang anda mau disini, contoh disini hanyalah keisengan bang belfot. Untuk membuat layer text, pencet T di keyboard. Lalu mulailah menulis. Disini saya menggunakan font trajan pro berukuran 24 point untuk tulisan besar dan 18 point untuk tulisan besar.
Layout poster photoshop 07
Agar posisi text selalu ditengah, pencet Control lalu klik di kedua layer: layer text dan layer background, lalu klik di Align Horizontal Centers.
Layout poster photoshop 06
Cara termudah untuk membuat tulisan dalam 3 baris adalah dengan menggunakan opsi duplicate layer (Control-J).
Oke, poster dari foto anda sudah jadi seperti di gambar paling atas. Selamat mencoba ya..

Posting Komentar untuk "Merubah Foto Menjadi Poster Menggunakan Photoshop"