Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung kami

Menjaga Kesehatan & Kebugaran Tubuh

Kesehatan adalah sebuah hal yang paling penting dari segala aspek kehidupan di dunia, karena “sehat itu mahal” , kalau badan sehat segala hal yang menyangkut berbagai aspek kehidupan bisa kita pikirkan dan selesaikan dengan lebih cepat dan sempurna serta memberikan sebuah konsumsi kehidupan dalam bermasyarakat , sosial dan individual secara berimbang.
hidup sehatDan bagaimana kalau seandainya kita sakit dan terus sakit – sakitan? pasti sangat tidak kita inginkan , karena yang namanya “sakit” , pasti tidak enak ( dari dulu mah emang gitu :P ) , kalau anda saja sakit itu enak orang lebih milih sakit dari pada sehat , apalagi yang sekarang sedang merja lela yang namanya sakit hati :D #ehh.
Kesehatan itu mayoritas adalah diri kita yang menentukan selain yang diatas ( TUHAN ) , sebuah kesehatan yang kita peroleh di setiap hari hari kita tidak luput dari segi perawatan dan \ bagaimana kita menjaga diri dan tubuh kita untuk tetap senantiasa sehat. Bukan karena ada pak Dokter, mbak suster dan mas Apoteker yang bikin kita sehat , kan mereka cuma membantu kita saja bukan yang menjaga kita ? lain lagi kalau kita lagi sakit , baru dah mereka kita repotin :D .
langsung ke tips untuk “Menjaga Kesehatan & Kebugaran Tubuh , langsung dah …
  1. Hidup Bersih , yang namanya kebersihan itu harus diutamakan, kalau mau sehat ya bersih donk jangan kotor – kotor mulu, disini saya tujukan adalah dalam beberapa hal , contohnya :mandi teratur 2 kali sehari ( bikin hal ini minimal asal jangan sampai mandi 10 kalisehari , mau ngapain mak?  ) .Selain mandi kita harus juga melihat linkungan sekitar kita , mulai dari hal terkecil yaitu kamar tidur kita , serta segala hal yang ada dirumah kita dan sekitar kita , kan tidak ada salahnya kan bersih bersih rumah sesekali walaupun sudah ada bagian / orang yang bersih bersih? ( asal jangan barang barang itu dibersihin buat digadein :P #ehh ).
  2. Jangan mandi Larut malam , disini saya memberikan sebuah pesan dari orang dahulu bahkan dari bapak dokter : “jangan Mandi malam- malam gak baek , ntar tua kesrasa loh , Encok baru tahu :P ” nah inikebiasaan buruk yaitu mandi pada malam hari atau melebihi Petang dengan air dingin karena selain dari segi kesehatan juga tidak baik, kalau terpaksa ingin mandi dimalam hari , maka pergunakan air hangat :)
  3. Hindari makan makanan yang mengandung pengawet , pewarna dan bahan kimia lainnya , ini saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh , karena pasti sahabat tahu akan efek samping jangka panjangnya , :)
  4. Usahakan banyak minum air putih , yah minimal 1,5 liter lah sehari untuk dapat memperlancar sirkulasi dan metabolisme tubuh kita dan membuang racun dalam tubuh kita.
  5. Banyak berolah raga , Olah raga memang sangat penting bagi tubuh kita selain menjadi sebuah alternatif melatih otot – otot kita yang kaku sebagai contoh untuuk sahabat yang bekerja atau selalu berada di belekang meja dan jarang sekali gerak maka  olah raga ini dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat, olah raga tidak perlu ke tempat fitness , sahabat juga dapat melakukannya setiap 1 minggu sekali ke mana gitu lari – lari pagi, sepak bola , berenang dan lain lain. Olah raga gak harus mahalk kan? atau setiap pagi kita bangun tidur ( sala bangun tidurnya jangan kesiangan ya ) , kita bisa mencari alternativ sebelum berangkat kerja atau sebelum mandi kita bisa jalan jalan untuk sekedar mencari udara segar dipagi hari .Walaupun olah raga itu menyehatkan tapi kita juga harus dapat mengatur waktu dan tidak harus memaksakan berpa lama kita melakukan aktivitas tersebut jangan terlalu berlebihan karena sesuatu hal yang berlebihan pasti akan merugikan.
  6. Konsumsi banyak  Buah buahan dan sayuran , buah buahan dan sayuran menjadikan sebuah santapan tambahan kita untuk memperoleh kandungan protein Nabati dan vitamin yang seimbang serta alami , tidak perlu beli obat yang teramat sangat mahal , vitamin yang kita peroleh dari alam ini sudah dapat mewakili kebutuhan gizi dalam tubuh kita, untuk memperoleh takaran yang sesuai untuk tubuh sahabat dapat didapatkan dari Ahli gizi atau kah mencari artikel – artikel tentang gizi seimbang di internet.
  7. Hindari mengkonsumsi obat, disini saya sebutkan hindari pemakaian obat – obatan adalah saya maksud adalah jangan selalu bergantung obat – obatan yang sahabat peroleh dari pihak farmasi entah itu dokter atau apotek dan lain sebagainya , pergunakanlah obat tradisional ataii menggunakan bahan herbal , karena obat – obatan farmasi atau dokter kebanyakan atau bahkan obat tersebut adalah selalu menggunakan bahan bahan kimia, walaupun sudah di buat oleh berbagai ahli pasti ada efek samping dalam tubuh sahabat,  karena apabila bahan bahan kimia yang terlalu banyak kita konsumsi tersebut melampaui batas maka bukan sehat yang kita dapat melainkan sebuah penyakit yang Fatal , serta dalam hal ini lebih jeli memilih obat untuk sahabat apabila memang sakit sahabat tidak dapat disembuhkan oleh obat herbal, Konsultasikan dengan ahlinya , salah satunya adalah dokter yang sahabat percaya.
    Serta jangan sesekali selalu bergantung dari Vitamin tablet yang berupa bentuk tablet ataupun pil dan lain – lain semcam obat dokter. Karena efek sampingnya akan terasa apabila sahabat mengkonsumsi secara berlebihan atau dalam masa mendatang akan menjadi sebuah ketergantungan.
  8. Makan daging / protein hewani secara seimbang, Daging ,, memang termasuk dalam program 4 sehat 5 sempurna , tapi kalau mengkonsumsi Daging secara berlebihan maka akan mengakibatkan dampak buruk bagi sahabat , karena lemak yang sahabat peroleh dari hewan serta protein hewani tersebut apabila menumpuk dalam tubuh sahabat akan mengakibatkan beberapa penyakit , salah satunya adalah Kolesterol dan kegemukan yang tidak kita inginkan, lalu bagaimana cara mengatasinya? apabila kita sudah terkena kolesterol yang tinggi? segera hubungi dokter…!!! :P
  9. Hindari minum minuman / makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin , minuman / makanan yang kita konsumsi apabila terlalu panas atau terlalu dingin contoh dingin disini adalah ES ( es batu juga termasuk ) , akan berpengaruh pada proses pencernaan kita dan system kunyah kita, sebagai contoh , apabila kita terlalu sering mengkonsumsi makanan yang sangat dingin contohnya ESKRIM , walaupun terlihat menyehatkan , akan tetapi kalau terus menerus Gigi anda yang termasuk sensitif akan teradangh kan? apalagi kalau setelah makan yang panas panas dan berlemak lalu minum minuman dingin ( contoh : makan bakso panas- panas pasti nikmat , lalu minumnya ES Campur ) bagaimana indra perasa anda? pasti akan terasa sedikit terganggu bukan? oleh sebab itu makan panas minumnya harus sesuai , jangan minum panas juga tapi minum minuman yang dinginnya tidak menuxuk contohnya air putih atau teh hangat sudah cukup :)
  10. Isitirahat / tidur yang cukup  , usahakan istirahat atau tidur cukup , unt5uk mengembalikan stamina tubuh yang telah terkuras seusai seharian bekerja , usahakanlah 8 jam sehari dan usahakan jangan sering tidur larut malam , karena udara malam tidak bagus bagi tubuh.
  11. Jangan Merokok dan minum minuman keras , sangat tidak lazim sekali kalau sahabat ingin sehat merokok dan meminum minuman keras atau minuman beralkohol karena efeknya sangat tidak baik / buruk bagi kesehatran sahabat :) .
 Semoga Bermanfaat

Posting Komentar untuk "Menjaga Kesehatan & Kebugaran Tubuh"