Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung kami

Tips Memilih Perguruan Tinggi dan Program Study


UN SMA/SMK/MA (SMU/SMK /MA kelas 3) sudah terlaksana . Bagi siswa siswi kelas 12 tentunya sudah pada siap siap untuk memilih perguruan tinggi mana dan jurusan apa yang harus ditempuh untuk melanjutkan jenjang studinya. Ada yang sudah mantap dengan pilihannya namun tentunya masih banyak juga yang masih ragu dan bingung perguruan tinggi mana dan jurusan apa yang akan menjadi pilihannya. Memang saya dulu juga termasuk orang yang salah memilih jurusan, hanya asal ambil atau bisa dikatakan hanya ikut-ikutan teman saja. Akhirnya saat kuliah tidak ada gairah karena merasa tidak sesuai dengan bakat dan minat,bisa bertahan sampai lulus saja sudah bersyukur walau setelah lulus ilmunya tidak terpakai karena kerja tidak sesuai dengan kualifikasi akademik yang saya ambil. Berdasar pengalaman saya tersebut , agar teman teman kelas 12 saat ini tidak mengalami seperti apa yang saya alami, saya bermaksud berbagi tip untuk memilih perguruan tinggi.
Untuk itu sebelum memilih Perguruan Tinggi (Universitas), ada 5 hal berikut ini yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa/mahasiswi:
  1. Keinginan / Minat,
Sesuai dengan keinginan atau minat adalah hal yang paling utama dalam memilih Universitas dan program studi. Kenali  diri sendiri untuk menggali minat, agar tidak terjadi salah pilih. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa kesalahan memilih Universitas dan program studi akan membuat kita tidak enjoy dalam menjalani masa studi
  1. Perguruan Tinggi yang Terakreditasi
Mencari informasi Universitas yang akan dimasuki akan lebih membantu dalam menentukan pilihan. Apakah perguruan tinggi tersebut sudah terakreditasi atau belum sebab jika belum maka ijazah kita nantinya akan kurang dapat dimanfaatkan. Sekarang banyak perguruan tinggi yang berdiri, kita harus hati hati apakah perguruan tinggi baru tersebut sudah terdaftar ke DIKTI atau belum dan sudah terakreditasi atau belum, jika sudah terakreditasi , apa nilai akreditasinya A,B atau C.
  1. Biaya Studi
Setiap calon mahasiswa/mahasiswi pasti menginginkan bisa masuk ke Universitas favorit yang memiliki program studi sesuai minatnya, namun tidak sedikait dari kita yang harus berfikir ulang karena terbentur masalah biaya hal ini karena  kondisi finansial orang tua yang tak mencukupi. Dalam menmpuh studi ke Perguruan Tinggi tentu ada biaya seperti uang gedung dan SPP, semakin favorit sebuah Universitas biasanya semakin tinggi pula biayanya. Itu belum jika ada tugas membuat makalah, seminar dan praktikum, tentunya akan membutuhkan biaya tambahan. Alangkah bijaksananya jika calon mahasiswa/mahasiswi menyesuaikan hal ini, agar tidak semakin membuat beban orang tua menjadi berat. Dan jangan sampai kita terputus ditenggah jalan karena biaya. Jadi sebelum memilih Perguruan tinggi harus pertimbangkan masak-masak kemampuan pembiayaan yang kita siapkan.
  1. Lokasi / Tempat
Semakin jauh jarak lokasi tempat studi dengan tempat tinggal si calon mahasiswa/mahasiswi tentu akan berpengaruh terhadap biaya hidupnya. Biaya hidup ini termasuk transportasi, kost, makan, minum dan kebutuhan lainnya.
  1. Prospek ke Depan
Program studi yang kita pilih harus yang punya prospek kedepannya bagus, namun ini juga tergantung minat dan bakat kita, orang yang bekerja sesuai dengan hobi dan minatnya maka hailnya akan maksimal, karena tidak merasa bekerja namun merasa melakukan hobinya, mungkin ada satu program studi yang sangat prospektif tapi jika tidak sesuai dengan bakat dan minat kita hal ini juga beresiko jika kita paksakan untuk memilihnya.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Perguruan Tinggi dan Program Study"