Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung kami

Pengaturan Proxy Server untuk Synaptic Package Manager

Synaptic Package Manager adalah tools default yang biasa digunakan untuk mengakses software, baik itu download, install, update maupun uninstall/remove software dari Linux. Untuk bisa menggunakan tools ini (Kecuali remove/uninstall software), komputer/laptop anda harus terlebih dahulu terhubung ke internet sebelum menggunakan tools ini karena source dari program memang tersedia di internet, tidak terpisah di dalam CD installer seperti kebanyakan installer pada Windows.
Synaptic Package Manager Linux
Bagi mereka yang menggunakan internet di belakang proxy server (karyawan/mahasiswa), pasti merasakan gagal mengunduh karena Synaptic tak dapat terhubung langsung ke internet. Solusinya, Anda harus mengonfigurasi setelan proksi di Synaptic. Berikut ini ditunjukkan caranya yang praktis lewat GUI (No terminal).
  1. Buka Synaptic. Pastinya Anda harus memasukkan password.
  2. Tools > Preferences.
  3. TAB Network/Jaringan.
  4. Pilih opsi Konfigurasi manual proksi. Kemudian masukkan alamat proxy server Anda untuk server HTTP dan FTP. Jangan lupa masukkan nomor port. Jika tidak tahu informasi ini, tanyakan administrator jaringan Anda. Saya contohkan pengisian pada gambar ini.
    Proxy Linux
  5. Untuk username dan password (jika Anda butuhkan), bisa klik pada tombol Otentikasi. Masukkan username dan password Anda.
    Username dan password proxy
  6. OK.
Sekarang cek. Coba instal salah satu aplikasi. Seharusnya Anda sudah bisa terkoneksi dengan sempurna sampai sini.
Tambahan
Jika Anda ingin mengecualikan server repo tertentu nantinya, misalnya saja server Kambing (karena kebetulan hanya server Kambing yang bisa diakses oleh Synaptic tanpa proxy server), isikan saja nama server itu pada bagian ‘No proxy for’. Jika ingin mengecualikan server lain, pisahkan dengan koma dan spasi seperti gambar ini.
No ProxyDari contoh gambar di atas, jika anda mengakses server dengan alamat http://kambing.ui.ac.id, maka system akanq mengabaikan proxy sehingga system akan terhubung langsung tanpa melalu proxy.
Semoga artikel penggunaan proxy di synaptic package manager ini bisa memberikan manfaat kepada anda, terutama untuk anda yang berkecimpung di dunia Linux.

Posting Komentar untuk "Pengaturan Proxy Server untuk Synaptic Package Manager"